Idul Adha di Thailand Selatan


UNIKNYA IDUL ADHA DI NAKHON SI THAMMARAT

Zahriyatun Naeli Syarof






Hari Raya adalah hari yang amat sakral bagi setiap penganut suatu kepercayaan. Cara merayakannya pun akan berbeda-beda sesuai dengan budaya yang dimiliki oleh negara tersebut. Begitu juga yang terjadi di Thailand Selatan. Muslim di Thailand Selatan, khususnya Nakhon Si Thammarat memiliki cara yang unik saat merayakan hari raya Idul Adha 1439 H ini. Hari Raya Idul Adha di Thailand Selatan serempak jatuh pada hari Rabu (22/8/18).
Kegiatan pada pagi hari dimulai dengan sholat Idul Adha yang dilaksanakan di setiap masjid yang ada. Namun, ada yang unik ketika beberapa Mahasiswa Indonesia yang sedang PPL/KKN di Nakhon Si Thammarat tiba di Central Mosque of Nakhon Si Thammarat. ‘Masjid tersebut serba kuning dan megah karena merupakan masjid yang dibangun oleh pemerintah kerajaan’ ujar Suda Sabumat. Berbagai dekorasi bertuliskan ‘Eid Mubarak 1439’ terpampang rapi untuk menyambut para jamaah sholat Idul Adha. Masuk ke dalam masjid terbesar di Nakhon Si Thammarat, para jamaah masih disambut dengan keindahan dekorasi yaitu ‘spot foto’. Hal tersebut tentunya sangat menarik perhatian jamaah.
Setelah sholat Idul Adha dilaksanakan, es krim tersedia di lantai bawah masjid. Sehingga jamaah bisa langsung menikmatinya, khususnya anak-anak. Berbagai makanan juga disediakan di halaman masjid untuk para jamaah. Sepulang dari masjid, masyarakat saling kunjung ke sanak famili seperti saat Idul Fitri untuk bersilaturrahim. Para orang tua juga memberikan ‘angpao’ kepada anak-anak kecil. Hal tersebut sedikit berbeda dengan kebiasaan yang biasa dialami oleh mahasiswa Indonesia yang sedang PPL/KKN di wilayah tersebut, yakni di beberapa masjid penyembelihan hewan qurban tidak dilakukan pada hari pertama. Tidak berhenti di situ, Central Mosque of Nakhon Si Thammarat pada sore hari hingga malam hari mengadakan sebuah acara untuk memeriahkan Idul Adha kali ini. Acara tersebut beragendakan pembacaan ayat suci al-Quran, penampilan-penampilan nasyid, kuis seputar Islami, lomba mewarnai untuk anak-anak dan doorprize. Selain itu berbagai makanan juga masih disediakan dalam acara tersebut. Masyarakat terlihat sangat antusias sehingga masjid pun sangat ramai.

Comments

Popular posts from this blog

Teks Moderator Bahasa Arab (نص رياسة الجلسة)

RUMUS NAHWU JAWA’ DALAM TERJEMAHAN JENGGOTAN DI PESANTREN-PESANTREN SALAF

Surat Izin dalam Bahasa Arab